BEM Universitas Negeri Surabaya Blog

Hidup Mahaiswa UNESA

Coblosan Ulang 1 Agustus Terancam Ditunda

Surabaya – Pelaksanaan coblosan ulang Pemilihan Walikota Surabaya terancam diundur dari jadwal yang ditetapkan KPU, 1 Agustus. Sebab Kementerian Dalam Negeri menyatakan bahwa pencairan dana operasionalnya harus mendapat persetujuan dewan. Jika tidak maka ilegal.

Penetapan waktu coblosan ulang di 5 kecamatan dan 2 kelurahan itu ditetapkan KPU dan anggarannya sudah disepakati dengan Walikota Bambang DH. Namun DPRD Surabaya belum bersedia mengabulkan pencairan dana hibah sebesar Rp 9,7 Miliar.

Warning dari kementerian dalam negeri itu didapat DPRD Surabaya Wisnu Wardhana saat kunjungan untuk konsultasi tentang keabsahan pilwali bila KPU dan Pemkot Surabaya ngotot menggunakan dana hibah tanpa persetujuan dewan.

“Setelah saya berangkat ke Jakarta dan bertemu dengan staf Kementerian Dalam Negeri yang menyatakan bahwa anggaran tersebut harus melalui persetujuan DPRD,” kata Wisnu Wardhana kepada detiksurabaya.com via telepon seluler, Rabu (28/7/2010).

Mekanisme pencairan anggaran tersebut, lanjut politisi Partai Demokrat ini, harus melalui persetujuan DPRD Surabaya. Sekalipun anggaran itu diambilkan dari anggaran hibah pos Pilwali 2010.

Anggaran yang tidak melalui persetujuan dewan itu dianggap telah menyalahi prosedur. Atau dengan kata lain apabila pencairan anggaran salah prosedur maka coblos ulang dianggap ilegal.

“Oleh karena itu kalau prosedur anggaran ini sudah tidak benar dan tidak sesuai dengan aturan berarti coblos ulang yang sudah dijadwal 1 Agustus itu harus diundur,” tambahnya.

(gik/gik)

29 Juli 2010 - Posted by | Ragam Berita Nasional

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: